SMAN 3 Bandar Lampung melaksanakan Kegiatan IHT Menyambut Tahun Pembelajaran 2021-2022

Bandar Lampung, 7 Juli 2021

Dalam rangka mempersiapkan guru-guru menghadapi tahun pelajaran 2021-2022, SMAN 3 Bandar Lampung melaksanakan kegiatan In House Training (IHT) yang bertemakan “Pemanfaatan GCR dan Implementasi Pembelajaran Berbasis STEM di Masa Pandemi Covid-19 Guna Mewujudkan Merdeka Belajar”.

Kabid PSMA Disdikbud Provinsi Lampung Diona Khatarina S.Sos. M.Pd, didampingi oleh Kepala SMAN 3 Bandar Lampung, Tri Winarsih, S.Pd., M.Pd. (kiri) dan Pengawas Pembina SMAN 3 Bandar Lampung Dra. Hj. Derwati, M.Pd. (kanan).

Kegiatan tersebut dilaksanakan pada tanggal 5 sd. 7 Juli 2021 di De Green Hotel, Bandar Lampung. Kegiatan tersebut diresmikan oleh Kabid PSMA Disdikbud Provinsi Lampung Diona Khatarina S.Sos. M.Pd, M.Pd., mewakili Bapak Kadisdikbud Provinsi Lampung Drs.Hi. Sulpakar, M.M. yang dihadiri oleh 40 orang guru dan 10 orang panitia pelaksana.

Dra. Hj. Derwati, M.Pd. (kiri), Elitha Aprilucilla, S.Pd. (kanan).

Rangkaian kegiatan yang dilaksanakan sangat bervariasi dimulai dari talkshow tentang “Peran Guru Penggerak dalam Melaksanakan Merdeka Belajar Guna Mewujudkan Profil Pemuda Pancasila” yang disampaikan oleh ibu Dra. Hj. Derwati, M.Pd. sebagai narasumber dan didampingi oleh Elitha Aprilucilla, S.Pd., guru penggerak dari SMAN 3 Bandar Lampung. Kemudian dilanjutkan dengan sesi kedua oleh Bapak M. Kholid, M.Pd. yang memberikan materi tentang Penerapan Aplikasi GCR sebagai Media Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19.

M. Kholid, M.Pd. didampingi oleh Amrina, S.Pd. (Kiri), Penyerahan Doorprise (kanan).


Dihari kedua, materi In House Training (IHT) diisi oleh bapak Dr. Abdurrahman, M.Si. bersama bapak Ahmad Naufal Umam, S.Pd. yang memberikan materi tentang Implementasi Pembelajaran Berbasis STEM di Masa Pandemi Covid-19 Guna Mewujudkan Merdeka Belajar. Dan dihari ke 3, diharapkan guru-guru dapat merancang instrumen pengimplementasian pembelajaran berbasis STEM pada mata pelajaran masing-masing secara mandiri.

Dr. Abdurrahman, M.Si (kiri), Ahmad Naufal Umam, S.Pd. (kanan).


Ibu Kepala SMAN 3 Bandar Lampung, Tri Winarsih, S.Pd., M.Pd. berharap agar dengan diadakannya kegiatan ini, guru-guru mampu mentransformasi pembelajaran menjadi lebih berpihak kepada siswa dan juga mampu menerapkan pembelajaran yang menarik dan kreatif melalui GCR dan mampu mengimplementasikan pembelajaran berbasis STEM di masa pandemi Covid-19 ini guna memerdekakan belajar bagi siswa dalam rangka mewujudkan siswa SMAN 3 Bandar Lampung yang memiliki Profil Pelajar Pancasila.

Carousel imageCarousel imageCarousel imageCarousel imageCarousel imageCarousel imageCarousel imageCarousel imageCarousel imageCarousel imageCarousel imageCarousel imageCarousel imageCarousel imageCarousel imageCarousel imageCarousel imageCarousel imageCarousel imageCarousel imageCarousel image

Guru-guru nampak sangat antusias dalam mengikuti in house training tersebut karena selain memperoleh materi yang sangat berguna untuk diterapkan dalam pembelajaran kedepan, guru-guru juga diberikan 12 buah doorprise dari Ibu Kepala Sekolah, Tri Winarsih, S.Pd., M.Pd. dan dikejutkan oleh doorprise tambahan dari ibu Kabid PSMA Disdikbud Provinsi Lampung Diona Khatarina S.Sos. M.Pd, dan berharap kegiatan seperti ini dapat senantiasa dilaksanakan di SMAN 3 Bandar Lampung guna mere-charge kembali semangat mengajar mereka.