hari PRAMUKA KE-61

Peringatan hari pramuka ke-61

Bandarlampung, 15 Agustus 2022

Yuliyono, S.Pd.Jas.

Tanggal 14 Agustus adalah Hari Pramuka yang rutin diperingati setiap tahunnya. Pada 2022 ini merupakan peringatan Hari Pramuka yang ke-61. Melihat sejarahnya yang panjang, keberadaan Pramuka telah lama ada di Indonesia.

Sejarah Hari Pramuka 14 Agustus Sejarah Hari Pramuka tak terlepas dari adanya Gerakan Pramuka di Indonesia. Dikutip dari laman Pemerintah Kabupaten Kulonprogo, sebelum menggema di Indonesia, Pramuka lebih dulu berkembang di Inggris lewat pembinaan remaja oleh Lord Robert Baden Powell of Giwell. Gerakan tersebut kemudian menyebar di negara lain, termasuk Indonesia. Gerakan Kepanduan di Indonesia diawali dengan berdirinya Nederlandsche Padvinders Organisatie (NPO) yang kemudian berubah menjadi Nederlands Indische Padvinders. Selanjutnya pada 1916, S.P. Mangkunegara VII membuat organisasi kepanduan sendiri di Tanah Air tanpa campur tangan Belanda. Organisasi ini diberi nama Javaansche Padvinders Organisatie (JPO). Namun pada zaman penjajahan Jepang, aktivitas organisasi kepanduan dan partai dilarang. Berangkat dari situ, pada September 1945, sejumlah tokoh gerakan kepanduan berkumpul dan melakukan pertemuan di Yogyakarta. Dari hasil kongres yang dilakukan tepatnya 27-29 September 1945, terbentuklah Pandu Rakyat Indonesia. Presiden Soekarno merespon positif Gerakan Pandu ini, yang kemudian pimpinan pandu diberi amanat untuk mengefektifkan kepanduan sebagai komponen penting pembangunan bangsa.

SMAN 3 Bandarlampung memperingati Hari Pramuka pada 15 Agustus 2022 di lapangan sekolah di pimpin oleh Yuliyono, S.Pd.Jas